Langkah – Langkah Membuat Jas Almamater Menurut Jasa Kursus Jahit Yang Berpengalaman

Tahukah anda di tempat kursus jahit ini nyatanya kita juga bisa bikin pakaian dengan beraneka ragam. Dimana untuk pakaian ini pun dapat berupa kaos, jas, hoodie, jaket dan lain – lain. Namun yang akan kita bahas saat ini adalah jas almamater.  Dikenal sebagai pakaian yang sakral bagi anak kuliah. Apalagi bagi mereka yang memang tengah masuk perguruan tinggi. Maka jas almamater ini memang memberikan kesan yang sangat formal bukan. Guna untuk memastikan bahwa jas almamater ini dapat difungsikan dengan banyak. Ternyata untuk proses pembuatannya ini memang tidak bisa asal atau sembarangan ya.  Hal ini dikarenakan jas almamater ini pun dapat didefinisikan sebagai salah satu pakaian seragam. Dimana mampu menunjukkan ciri khas dari perguruan tinggi.

kursus jahit

5 Langkah Membuat Jas Almamater Menurut Jasa Kursus Jahit Yang Berpengalaman

Nah, seperti halnya pada proses pembuatan kemeja, pakaian dan celana bukan. Untuk membuat sebuah jas almamater ini sendiri, sudah pasti proses pembuatan jas almamater ini sendiri prosesnya bisa dikatakan cukup panjang. Namun bisa dikatakan juga tidak instan. Dan berikut ini ada beberapa langkah membuat jas almamater diantaranya:

  1. Desain/ sketch

Nah, dalam pembuatan jas almamater ini maka langkah pertama yang memang harus anda lakukan yakni dengan cara membuat sejumlah sketsa.  Atau soal desain almamater yang akan dibuat. Dari beberapa desain yang memang sudah ada ini. Maka akan dilanjutkan analisis dan pemilihan desain yang terbaik. Lalu kemudian di proses untuk lebih lanjut dengan dibuatkan sebuah pola.

  1. Pola desain

Nah, jika dari desain yang memang sudah ada ini maka seseorang yang bertugas untuk membuat pola desain. Sudah pasti akan mengembangkan pola pertama untuk di desain berdasarkan ukuran standar. Untuk proses ini akan dibuat dengan menggunakan metode pola drafting. Hal ini dilakukan guna untuk menciptakan sampel jas almamater yang lalu kemudian akan di tes uji.

  1. Pembuatan sampel

Nah, setelah pola desain selesai dibuat. Maka untuk pola tersebut selanjutnya akan di jahit pada sebuah kain blacu. Dipergunakan untuk di analisa kesesuaian pola dan desain nya. Jika memang ada perubahan ini maka ini sudah dikatakan jika sampel jas almamater memang sudah siap. Yakni untuk di proses lebih lanjut ke tahap produksi pola desain ini.

  1. Produksi pola desain

Nah, pada tahap produksi pola desain ini. Maka contoh pola ini diambil untuk dibuatkan pola produksi.  Maka pola produksi sendiri ini merupakan pola yang akan digunakan untuk produksi jas almamater yang jauh lebih banyak. Dimana akan bertugas untuk membuat pola produksi adalah dengan pattern maker. Hingga kini memang banyak konveksi jas almamater yang mengembangkan metode CAD/CAM. Karena memang untuk kemudahannya ini dalam merancang pola dibandingkan dengan cara manual. Yakni salah satunya dengan cara pola produksi. Dimana dibuat dengan metode CAD/CAM dapat di simpan. Selain itu juga dapat di modifikasi dengan mudah setiap di butuhkan.

  1. Granding

Nah, setelah pola produksi ini selesai untuk dibuat. Maka tahap selanjutnya ini dilakukan proses grading untuk menciptakan pola jas almamater. Dalam ukuran standar yang berbeda yaitu besar, sedang dan kecil atau ukuran lainnya.  Grading pola ini umumnya hanya diterapkan pada pola standar saja.

Nah, itulah tutorial bikin jas almamater ini. Semoga bermanfaat serta dapat dijadikan referensi bagi peserta kursus jahit tersebut. Tentang tahapan – tahapan yang dilakukan untuk menjalankan proses bikin jas.