MACAM – MACAM ALAT JAHIT PENUNJANG YANG HARUS DIMILIKI SELAMA KURSUS JAHIT

Seperti yang kita tahu bukan, jika alat jahit yakni semua alat yang digunakan untuk keperluan menjahit. Baik untuk menciptakan busana. Selain itu lenan rumah tangga atau benda lain yang di bentuk dengan cara di jahit. Entah itu berupa jahit tangan maupun dengan menggunakan proteksi mesin. Dimana secara garis besar alat jahit ini memang dibagi dalam 2 kelompok.  Yakni berupa alat jahit pokok, yakni alat jahit yang sangat penting. Alasannya sangat diharapkan dalam kegiatan atau pekerjaan menjahit. Nah, alat penunjang satu ini memang dibutuhkan saat mengikuti kursus jahit. Yakni alat jahit yang digunakan untuk membantu atau menunjang alat jahit pokok. Yakni dalam menuntaskan banyak sekali macam jahitan.  Untuk alat jahit penunjang ini terdiri dari alat – alat untuk mengukur. Selain itu menyerupai veterban pita ukuran dan alat tulis.

Kursus Jahit

3 Alat Jahit Penunjang Yang Harus Dimiliki Selama Kursus Jahit

Saat mengikuti kursus jahit ini anda juga harus memiliki alat – alat pembuat pola. Dimana alat ini menyerupai skala, buku kostum, penggaris pembentuk, pensil merah biru, kertas dll. Alat jahit untuk memindahkan pola menyerupai Rader dan karbon jahit. Selain itu alat – alat gunting yaitu banyak sekali macam gunting bukan.  Tentu saja beberapa alat ini cukup penting dan diperlukan selama mengikuti kursus jahit. Dan berikut ini ulasannya diantarana:

  1. Alat ukur

Alat ukur ini terdiri dari veterban. Dimana untuk veterban ini berfungsi untuk mengetahui letak bagian – bagian tertentu menyerupai pinggang. Selain itu pinggul dan tubuh semoga ukuran yang tidak bergeser dan diambil dengan tepat. Untuk alat ini digunakan dengan mengikat veterban pada pinggang. Selain itu pinggul dan melingkar tubuh secara pas dan tidak kekencangan. Sedangkan pita ukuran ini adalah alat yang digunakan untuk mengambil ukuran tubuh. Agar klien anda ini mengetahui terkait ukuran yang diperoleh dan alat pengukur. Pada waktu menggambar teladan besar. Cara kerja untuk alat ini dengan menggunakan pita ukuran dengan melihat angka – angka yang telah di peroleh.

  1. Alat – alat pembuat pola

Alat pembuat pola ini memang cukup banyak ragamnya. Salah satunya ada skala yang memang berfungsi sebagai alat ukur dalam menggambar teladan dalam ukuran kecil. Menyerupai ukuran skala 1:4, 1:6, 1:8. Selain itu untuk buku kostum ini merupakan buku yang digunakan untuk menggambar teladan kecil. Dimana bagian lembar bergaris untuk catatan atau keterangan teladan dan bab lembar kosong. Sedangkan untuk penggaris ini digunakan sebagai pembentuk berfungsi mempermudah dalam membentuk teladan busana. Dimana disesuaikan dengan bentuk yang mamang akan dibuat.

  1. Alat – alat pemindah pola

Nah, alat pemindah pola ini juga cukup banyak ragamnya. Dimana alat – alat pemindah pola ini terdiri dari kapur jahit atau yang dikenal dengan pensil jahit. Dimana dipergunakan untuk memberi tanda pada materi tekstil. Dimana untuk kapur jahit ini memang gampang untuk dihilangkan. Dimana cara menggunakannya yakni dengan jangan terlalu ditekan. Selain itu anda juga bisa menggunakan tipis – tipis. Asal kelihatan dari warna kapur yang tidak mengotori bahan sehingga tidak akan meninggalkan noda. Karbon jahit bermanfaat untuk memindahkan tanda teladan pada bahan. Dimana alat ini digunakan dengan cara di tekan oleh Rader. Selain itu karbon di letakkan di tengah materi bab buruk.

Nah, itulah 3 alat jahit penunjang yang harus dimiliki selama kursus jahit. Semoga bermanfaat serta dapat jadikan referensi pada saat anda ikut kursus jahit.