METODE PEMBUATAN POLA DASAR PAKAIAN YANG DIPELAJARI DI KURSUS JAHIT

Banyak sekali hal yang bisa anda pelajari dalam kursus jahit ini. Baik itu dalam proses jahit, pemotongan, pemilihan benang hingga pembuatan pola.  Dalam sejarah pembuatan pakaian yang hingga kini dikenal banyak sekali jenis pola dasar. Telah mampu diciptakan oleh para pemikir di bidang pembuatan pakaian bukan. Dari berbagai macam pola yang ada. Maka masing – masing sistem pembuatan pola dasar ini pada umumnya dibuat dengan menggunakan cara berbeda – beda.  Untuk pola dasar ini memang dapat didefinisikan sebagai prototipe pada bagian – bagian pakaian yang memiliki peran cukup penting. Terutama dalam dunia jahit menjahit. Hal ini supaya pakaian yang didapat nantinya lebih sesuai dengan bentuk si penggunanya. Nah, sebuah pola memang hendaknya harus digambar dengan benar dan didasarkan pada ukuran badan.

METODE PEMBUATAN POLA DASAR PAKAIAN YANG DIPELAJARI DI KURSUS JAHIT

Inilah 4 Metode Pembuatan Pola Dasar Pakaian Yang Dipelajari Di Kursus Jahit

Nah, untuk membuat pola baju yang berkualitas terbaik. Maka setidaknya dikenal oleh beberapa macam metode atau sistem. Untuk proses pembuatan pada pola dasar baju yang diciptakan oleh para ahli di bidang pembuatan pakaian. Dimana sistem ini sendiri memang kebanyakan diberi nama sesuai pencipta pola itu sendiri. Untuk anda yang memang tengah belajar menjahit di kursus jahit. Berikut ini ada beberapa metode pembuatan pola dasar pakaian yang dipelajari di kursus jahit diantaranya:

  1. Pola sistem charmant dan metode Danckaerts

Nah, untuk pola yang satu ini memang sering digunakan untuk pembuatan pakaian. Dimana titik pas atau fitting faktor ini merupakan lokasi atau titik pada pakaian. Dimana mampu menentukan sesuai atau tidaknya sistem pola tersebut. Untuk bentuk tubuh yang memang dipergunakannya. Untuk metode ini dapat perbedaan kedudukan titik pas sistem pola dasar. Untuk berbagai bentuk fisik tubuh wanita. Entah itu berpostur tinggi kurus, tinggi gemuk, ideal, pendek dll.

  1. Pola sistem mayneke dan sistem so – en

Untuk jenis pola mayneke ini memang dapat diterapkan dalam membuat pakaian pas badan. Untuk pola ini secara umum memiliki kupnat pada pinggang dan bahu. Selain itu lebar kupnat ini dapat menyesuaikan dengan besarnya payudara. Cara pengambilan untuk ukuran mayneke ini bisa dikatakan sangat lengkap.  Serta detail sebab memakai ukuran control atau ukuran uji.

  1. Pola dasar danckaerts

Metode pola yang satu ini merupakan metode menggambar pola yang berasal dari belanda. Pola danckaerts ini memang secara umum memiliki kupnat pada pinggang bagian muka. Serta pinggang belakang. Sehingga jika kita lihat dari karakteristik yang dimiliki oleh pola ini sangat sesuai. Jika memang anda aplikasikan pada pakaian untuk wanita bertubuh gemuk.

  1. Pola dasar cuppens geurs

Untuk metode cuppens geurs ini adalah metode yang menggambarkan dan membuat pola baju yang berasal dari belanda. Dimana untuk pembuatan pakaian dengan pola cuppen ini termasuk sistem pola dasar yang rumit. Jika dibandingkan dengan pola lain. sehingga pada umumnya memiliki satu kupnat depan dan belakang contohnya soon. Jika memang dilihat dari jumlah kupnat yakni pada bagian pinggang. Serta sisi maka pola cuppens geurs ini memang cocok digunakan dalam pakaian yang sudah press body. Sehingga hasilnya pun akan lebih nyaman dikenakan. Hal ini dikarenakan sesuai dengan bentuk tubuh wanita.

Nah, itulah ulasan terkait 4 pola dasar yang sering digunakan dalam pembuatan pakaian. Semoga bermanfaat serta dapat anda jadikan referensi saat ikut kursus jahit.

Leave a Comment