Tips Menjahit Berbagai Jenis Kain Di Tempat Kursus Jahit

Kursus jahitKegiatan menjahit memang merupakan menyambung dua potong kain menjadi satu menggunakan benang. Menjahit bisa dilakukan dengan menggunakan mesin jahit. Anda juga bisa menjahit dengan cara manual yaitu menggunakan tangan. Pada era sekarang, kegiatan menjahit ini menjadi hal yang umum. Dengan semakin berkembangnya trend mode berbagai jenis busana. Mulai dari yang berbahan dasar tipis sampai dengan yang berbahan tebal serta berbulu. Dibawah ini akan ada beberapa tips menjahit berbagai jenis kain yang bisa dipelajari untuk memudahkan proses penjahitan. Jika anda penasaran dengan tips menjahit ini seperti apa. Karena jenis bahan yang digunakan untuk menjahit ini ada banyak. Bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan juga keinginan anda mau menggunakan bahan yang seperti apa.

Kursus jahit

Berikut Tips Menjahit Berbagai Jenis Kain Yang Bisa Anda Ketahui

Kursus menjahit memang menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan kapan saja. Untuk melakukan kursus ini juga bisa anda lakukan di tempat kursus maupun di berbagai tempat lainnya. Dibawah ini akan kami jelaskan kepada anda mengenai tips menjahit sesuai dengan bahan yang digunakan.

  • Menjahit kain tebal

Saat menjumpai kain yang tebal, masalah yang sering dirasakan oleh penjahit adalah jarum mesin yang sering patah. Maka dari itu, penjahit tersebut bisa menaikkan sedikit sepatu mesin jahit. Ini dilakukan supaya tidak menghambat pergerakan kain ketika menjahit. Kemudian, anda juga bisa menggunakan jarum dengan nomor yang paling tebal. Biasanya akan menggunakan jarum nomor 16.

  • Menjahit kain tipis

Kain yang tipis memang terkadang membuat kewalahan para penjahit. Karena kain yang tipis akan membutuhkan ketelitian yang tinggi ketika dijahit. Masalah yang sering dihadapi para penjahit kain tipis ini adalah jahitan lompat-lompat. Ujung jahitan juga berkerut dan bahkan serat kain yang ke tarik. Maka dari itu, untuk mencegah masalah yang bisa terjadi para penjahit. Bisa melapisi kertas di bawah kain yang nantinya akan dijahit. Selain itu juga penggunaan jarum mesin yang sesuai yaitu nomor 9.

  • Menjahit kain mulur

Untuk bisa menjahit kain yang mudah mulur adalah dengan mengatur setikan mesin jahit. Ini dilakukan agar tidak terlalu kecil. Bisa juga menggunakan jahit zig zag dan juga menggunakan jarum mesin jahit yang masih runcing. Tentu saja dengan jahitan harus searah supaya tidak ada kain yang ke tarik.

  • Menjahit kain licin

Jenis kain yang licin tentu saja sedikit menguras kesabaran ketika menjahitnya. Karena tekstur dari kain yang licin ini membuatnya mudah bergeser ketika digunting maupun dijahit. Teknik menjahit kain ini sebenarnya tidak jauh berbeda apabila dibandingkan dengan kain yang tipis. Tentu saja dengan melapisi bagian bawah kain yang nantinya akan dijahit. Bisa juga menggunakan bantuan fabric stabilizer untuk membuat kain tersebut sedikit kaku. Sehingga nantinya akan mudah untuk dijahit.

  • Menjahit bahan kulit

Tekstur dari kain seperti jaring dengan lubang kecil memang menjadi ciri khas dari kain tulle. Kain ini juga termasuk dengan jenis kain yang membutuhkan perlakuan sedikit istimewa. Hal tersebut disebabkan karena kain ini sangat mudah bergeser. Sehingga perlu kehati-hatian saat memotong serta menjahitnya. Untuk bisa mendapatkan hasil jahitan yang baik. Maka bisa melapisi bagian bawah kain yang akan dijahit menggunakan kertas tipis tersebut.

Itulah berbagai tips dalam menjahit berbagai jenis kain yang bisa anda lakukan. Dengan selalu memperhatikan jenis kain dan juga nomor jarum saja bisa meminimalisir masalah yang akan terjadi.